Selasa, 12 April 2016

RPP Masyarakat Multikultural Pertemuan Ke III



RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMA NEGERI 5 Padang
Kelas/Semester            : XI/2
Progam                        : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Jumlah Pertemuan       : 1 kali (2x45 Menit)
Standar Kompetensi : Manganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kompetensi Dasar     : Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator                   
1.    Menjelaskan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
2.    Mengklasifikasikan tipe masyarakat multikultural berdasarkan kehidupan sosial budayanya
3.    Mengklasifikasikan masyarakat Indonesia berdasarkan etnis, agama, dan stratifikasi sosial

Tujuan Pembelajaran          
1.      Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat menjelaskan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
2.      Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat mengklasifikasikan tipe masyarakat multikultural berdasarkan kehidupan sosial budayanya
3.      Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat mengklasifikasikan  masyarakat Indonesia berdasarkan etnis, agama, dan stratifikasi sosial
Materi Ajar
Fakta:
·      Negara Indonesia adalah salah satu Negara majemuk terbesar didunia yang terdiri dari beragam kelompok suku bangsa, budaya, bahasa, dan agama.
Konsep:
·         Masyarakat multikultural
Prinsip:
·         Keanekaragaman dalam kesederajatan

Metode Pembelajaran
a.       Pendekatan                 : Saintifik
b.      Model Pembelajaran   : Inqury
c.       Metode Pembelajaran : Ceramah dan Tanya Jawab
No
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Karakter
1.
Pendahuluan
a.    Guru mengucapkan salam
b.   Melihat kondisi kelas
c.    Memeriksa kesiapan siswa
d.   Membaca do’a dan membaca Asma’ul Husna
e.    Mengecek kehadiran siswa
f.    Apersepsi
g.   Menjelaskan tujuan pembelajaran
h.   Menyampaikan cakupan materi
i.     Memberi motivasi
15 Menit

Mewujudkan manusia yang bertaqwa, berkepribadian, cerdas, mandiri dan kompetitif serta peduli lingkungan.


2.
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati video yang ditampilkan oleh guru.
Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya jika ada yang tidak dimengerti.
Mengeksplorasi
Guru melibatkan siswa bersama mencari informasi tentang keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia melalui berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasi
Siswa memproses informasi yang telah didapatkan dari sumber-sumber yang ada.
Mengkomunikasi
Guru menginstruksikan kepada siswa untuk menyampaikan informasi yang didapatnya.


60 Menit


3.
Penutup
a.       Guru memilih beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
b.      Setelah itu guru menyempurnakan penyimpulan materi
c.       Guru menyampaikan sedikit materi untuk pertemuan selanjutnya
d.      Guru memberi tugas kepada siswa untuk pertemuan selanjutnya
e.       Membaca do’a
f.       Guru mengakhiri pertemuan dengan salam
15 Menit











Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Power Point
2.      Video
3.      Spidol
4.      Papan Tulis
5.      Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
6.      Elly M. Setiadi. 2013. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
7.      Idianto Muin. 2006. Sosiologi SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Penilaian
Penilaian Proses
Penilaian Aktifitas Siswa Melalui Lembar Observasi
No.
Nama
Keaktifan
Penguasaan materi
Bahasa
Total
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.

















2.

















3.

















4.



















Catatan:
a.       Kolom Aktifitas
1= Sangat Kurang
2= Kurang
3= Sedang
4= Baik
5=Amat baik
b.      Nilai merupakan jumlah skor-skor tiap individu pelaku

Penilaian Hasil Belajar
No
Soal
Skor
1.
Coba anda sebutkan dan jelaskan kelompok-kelompok sosial apa saja yang terdapat dilingkungan tempat tinggal anda yang mencerminkan kehidupan masyarakat multikultural!
100
 
Mengetahui,                                                               
 Kepala Sekolah                                                          Padang, 13 April 2016
 SMA N 5 Padang                                                      Guru Mata Pelajaran

Drs. Afrizal, MM                                                        Fauziah, S.Pd
NIP.19610417            1984121001                                        NIP. 196107261985012001





Lampiran I
BAHAN AJAR

Keanekaragaman Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Indonesia
A.    Tipe Masyarakat Indonesia Berdasarkan Kehidupan Sosial Budaya
Menurut Koentjaraningrat:
a.       Tipe masyarakat berdasarkan sistem berkebun yang sangat sederhana dengan keladi dan ubi jalar sebagai tanaman pokok. Sistem dasar kemasyarakatan desa terpencil tanpa diferensiasi dan stratifikasi yang berarti.
b.      Tipe masyarakat perdesaan dengan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dan padi sebagai tanaman pokok. Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas petani dengan deferensiasi dan stratifikasi sosial yang sedang dan menganggap masyarakat kota memilki kebudayaan yang lebih tinggi sehingga masyarakat kota menjadi arah orientasi.
c.       Tipe masyarakat pedesaan dengan berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya. Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas petani dengan diferensiasi dan stratifikasi sosial. Masyarakat kota yang menjadi orientasinya dalam mewujudkan suatu peradapan bekas kerajaan berdagang dengan pengaruh kuat dari agama islam, bercapur dengan suatu peradapan kepegawaian yang dibawa oleh sistem pemerintahan kolonial.
d.      Tipe masyarakat pedesaan berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya. Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas dengan diferensiasi dan stratifikasi sosial yang komplek.
e.       Tipe masyarakat perkotaan yang mempunyai ciri ciri pusat pemerintahan dengan sektor perdagangan dan industri yang lemah.
f.       Tipe masyarakat metropolitan yang mulai mengembangkan suatu sektor perdagangan dan industri yang agak berarti, tetapi masih didominasi oleh aktivitas kehidupan pemerintahan dengan suatu sektor kepegawaian yang luas dengan kesibukan politik di tingkat daerah dan nasional.

B.     Kelompok Masyarakat Indonesia  Berdasarkan Etnis, Agama, Dan Stratifikasi Sosial.
a.       Kelompok etnis
Merupakan benuk kelompok yang menampilkan persamaan bahasa, adat kebiasaan, wilayah, sejarah, sikap dan sistem politik serta telah pengembangkan sub kulturalnya sendiri. Secara garis besar kelompok etnis (suku bangsa) yang ada di indonesia yaitu :
       Pulau Sumatera seperti Aceh, Minangkabau, Melayu, Bengkulu, Batak, Mentawai, Nias, Palembang, dan Lampung.
       Pulau Jawa seperti suku Jawa, Sunda, Badui, Tengger dan Betawi.
       Pulau Sulawesi seperti suku Minahasa, Sangir, Bolang Mongondo, Gorontalo, Toraja, Buton, Bugis, Makasar dan Mandar.
       Pulau Bali seperti suku Bali Aga (bali asli) dan orang Bali pendatang (pelarian dari zaman majapahit)
       Wilayah Maluku seperti suku Ambon, Kei, Dobo, Morotai dan sebagainya.
       Pulau papua seperti suku waigeo, bantanta, timika, asmat dan sebagainya.
       Wilayah nusa tenggara seperti suku sasak, dompu, helong, timor, lio, alor, dan sebagainya.
b.      Kelompok sosial keagamaan dalam masyarakat indonesia yang multikultural, perbedaan agama merupakan salah satu kekayaan bangsa. Dengan adanya perbedaan- perbedaan keyakinan tersebut, maka timbullah kelompok-kelompok sosial baik yang formal maupun informal berdasarkan keyakinan terhadap agam tertentu.
c.       Kelompok sosial berdasarkan stratifikasi social
Kelompok sosial berdasarkan stratifikasi sosial tak hanya di tentukan oleh faktor ekonomi saja, melainkan juga aspek profesionalitas seseorang. Orang yang memiliki pendidikan tinggi menempati strata atas, sedangkan orang yang memiliki pendidikan rendah di tempatkan pada strata rendah.


PENILAIAN PROSES
Hari/Tanggal             :
Kelas                           :
Sub Materi                : Keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
Penilaian Aktifitas Siswa Melalui Lembar Observasi
No.
Nama
Keaktifan
Penguasaan materi
Bahasa
Total
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.

















2.

















3.

















4.

















5.

















6.

















7.

















8.

















9.

















10.

















11.

















Catatan:
a.       Kolom Aktifitas
1= Sangat Kurang
2= Kurang
3= Sedang
4= Baik
5=Amat baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar