RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA NEGERI 5 Padang
Kelas/Semester :
XI/2
Progam :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Jumlah Pertemuan :
1 kali (2x45 Menit)
Standar Kompetensi : Manganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Kompetensi Dasar :
Menganalisis keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
Indikator
1. Menjelaskan keanekaragaman kelompok sosial dalam
masyarakat multikultural Indonesia
2. Mengklasifikasikan tipe masyarakat multikultural
berdasarkan kehidupan sosial budayanya
3. Mengklasifikasikan masyarakat Indonesia
berdasarkan etnis, agama, dan stratifikasi sosial
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat menjelaskan keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
2. Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat
mengklasifikasikan tipe masyarakat multikultural berdasarkan kehidupan sosial
budayanya
3. Setelah melakukan diskusi diharapkan siswa dapat
mengklasifikasikan masyarakat Indonesia
berdasarkan etnis, agama, dan stratifikasi sosial
Materi Ajar
Fakta:
·
Negara Indonesia adalah salah
satu Negara majemuk terbesar didunia yang terdiri dari beragam kelompok suku
bangsa, budaya, bahasa, dan agama.
Konsep:
·
Masyarakat
multikultural
Prinsip:
·
Keanekaragaman dalam
kesederajatan
Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan : Saintifik
b.
Model Pembelajaran : Inqury
c.
Metode Pembelajaran : Ceramah
dan Tanya Jawab
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Karakter
|
|||
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan salam
b.
Melihat kondisi kelas
c.
Memeriksa kesiapan siswa
d.
Membaca do’a dan membaca
Asma’ul Husna
e.
Mengecek kehadiran siswa
f.
Apersepsi
g.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran
h.
Menyampaikan cakupan materi
i.
Memberi motivasi
|
15 Menit
|
Mewujudkan manusia yang bertaqwa,
berkepribadian, cerdas, mandiri dan kompetitif serta peduli lingkungan.
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
Mengamati
Siswa mengamati video yang ditampilkan oleh
guru.
Menanya
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya jika ada yang tidak dimengerti.
Mengeksplorasi
Guru melibatkan siswa
bersama mencari informasi tentang
keanekaragaman kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
melalui berbagai sumber yang relevan.
Mengasosiasi
Siswa memproses informasi yang telah didapatkan
dari sumber-sumber yang ada.
Mengkomunikasi
Guru menginstruksikan kepada siswa untuk
menyampaikan informasi yang didapatnya.
|
60
Menit
|
|
|||
3.
|
Penutup
a.
Guru memilih beberapa siswa
untuk memberikan kesimpulan dari keanekaragaman
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
b.
Setelah itu guru
menyempurnakan penyimpulan materi
c.
Guru menyampaikan sedikit
materi untuk pertemuan selanjutnya
d.
Guru memberi tugas kepada
siswa untuk pertemuan selanjutnya
e.
Membaca do’a
f.
Guru mengakhiri pertemuan
dengan salam
|
15 Menit
|
|
|||
Media, Alat dan
Sumber Pembelajaran
1.
Power Point
2.
Video
3.
Spidol
4.
Papan Tulis
5.
Soekanto,
Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu
Pengantar. Jakarta: Rajawali Press
6.
Elly M. Setiadi. 2013. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Grup
7.
Idianto Muin. 2006. Sosiologi SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Penilaian
Penilaian
Proses
Penilaian Aktifitas Siswa Melalui Lembar
Observasi
No.
|
Nama
|
Keaktifan
|
Penguasaan materi
|
Bahasa
|
Total
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
a.
Kolom Aktifitas
1=
Sangat Kurang
2=
Kurang
3=
Sedang
4=
Baik
5=Amat
baik
b.
Nilai merupakan jumlah
skor-skor tiap individu pelaku
Penilaian Hasil
Belajar
No
|
Soal
|
Skor
|
1.
|
Coba anda sebutkan dan jelaskan
kelompok-kelompok sosial apa saja yang terdapat dilingkungan tempat tinggal
anda yang mencerminkan kehidupan masyarakat multikultural!
|
100
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Padang,
13 April 2016
SMA N 5
Padang Guru Mata Pelajaran
Drs.
Afrizal, MM Fauziah,
S.Pd
NIP.19610417 1984121001 NIP. 196107261985012001
Lampiran I
BAHAN AJAR
Keanekaragaman
Kelompok Sosial Dalam Masyarakat Multikultural Indonesia
A.
Tipe Masyarakat Indonesia Berdasarkan
Kehidupan Sosial Budaya
Menurut Koentjaraningrat:
a.
Tipe masyarakat berdasarkan
sistem berkebun yang sangat sederhana dengan keladi dan ubi jalar sebagai
tanaman pokok. Sistem dasar kemasyarakatan desa terpencil tanpa diferensiasi
dan stratifikasi yang berarti.
b.
Tipe masyarakat perdesaan dengan
berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dan padi sebagai tanaman
pokok. Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas petani dengan deferensiasi
dan stratifikasi sosial yang sedang dan menganggap masyarakat kota memilki
kebudayaan yang lebih tinggi sehingga masyarakat kota menjadi arah orientasi.
c.
Tipe masyarakat pedesaan dengan
berdasarkan bercocok tanam di ladang atau di sawah dengan padi sebagai tanaman
pokoknya. Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas petani dengan
diferensiasi dan stratifikasi sosial. Masyarakat kota yang menjadi orientasinya
dalam mewujudkan suatu peradapan bekas kerajaan berdagang dengan pengaruh kuat
dari agama islam, bercapur dengan suatu peradapan kepegawaian yang dibawa oleh
sistem pemerintahan kolonial.
d.
Tipe masyarakat pedesaan
berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokoknya.
Sistem dasar kemasyarakatan berupa komunitas dengan diferensiasi dan
stratifikasi sosial yang komplek.
e.
Tipe masyarakat perkotaan yang
mempunyai ciri ciri pusat pemerintahan dengan sektor perdagangan dan industri
yang lemah.
f.
Tipe masyarakat metropolitan
yang mulai mengembangkan suatu sektor perdagangan dan industri yang agak
berarti, tetapi masih didominasi oleh aktivitas kehidupan pemerintahan dengan
suatu sektor kepegawaian yang luas dengan kesibukan politik di tingkat daerah
dan nasional.
B.
Kelompok Masyarakat
Indonesia Berdasarkan Etnis, Agama, Dan
Stratifikasi Sosial.
a.
Kelompok etnis
Merupakan benuk kelompok yang menampilkan persamaan bahasa, adat
kebiasaan, wilayah, sejarah, sikap dan sistem politik serta telah pengembangkan sub kulturalnya
sendiri. Secara garis besar kelompok etnis (suku bangsa) yang ada di indonesia
yaitu :
∞
Pulau Sumatera seperti Aceh, Minangkabau, Melayu, Bengkulu, Batak, Mentawai, Nias, Palembang, dan Lampung.
∞
Pulau Jawa seperti suku Jawa, Sunda, Badui, Tengger dan Betawi.
∞
Pulau Sulawesi seperti suku Minahasa, Sangir, Bolang Mongondo, Gorontalo, Toraja, Buton, Bugis, Makasar dan Mandar.
∞
Pulau Bali seperti suku Bali Aga (bali asli) dan orang Bali pendatang (pelarian
dari zaman majapahit)
∞
Wilayah Maluku seperti suku Ambon, Kei, Dobo, Morotai dan sebagainya.
∞
Pulau papua seperti suku
waigeo, bantanta, timika, asmat dan sebagainya.
∞
Wilayah nusa tenggara seperti
suku sasak, dompu, helong, timor, lio, alor, dan sebagainya.
b.
Kelompok sosial keagamaan dalam
masyarakat indonesia yang multikultural, perbedaan agama merupakan salah satu
kekayaan bangsa. Dengan adanya perbedaan- perbedaan keyakinan tersebut, maka
timbullah kelompok-kelompok sosial baik yang formal maupun informal berdasarkan
keyakinan terhadap agam tertentu.
c.
Kelompok sosial berdasarkan
stratifikasi social
Kelompok sosial berdasarkan
stratifikasi sosial tak hanya di tentukan oleh faktor
ekonomi saja, melainkan juga aspek profesionalitas seseorang. Orang yang
memiliki pendidikan tinggi menempati strata atas, sedangkan orang yang memiliki
pendidikan rendah di tempatkan pada strata rendah.
PENILAIAN PROSES
Hari/Tanggal :
Kelas :
Sub
Materi : Keanekaragaman
kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Indonesia
Penilaian Aktifitas Siswa Melalui Lembar
Observasi
No.
|
Nama
|
Keaktifan
|
Penguasaan materi
|
Bahasa
|
Total
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
a.
Kolom Aktifitas
1=
Sangat Kurang
2=
Kurang
3=
Sedang
4=
Baik
5=Amat
baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar