Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan
Pendidikan : MA. Raudlatul ‘Ulum
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas :
XI
Progam
Keahlian : IPS
Alokasi
Waktu : 1x45 Menit
Materi : Masyarakat
Multikultural
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
1.1 Mendeskripsikan
berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural
|
Indikator
|
Tujuan Pembelajaran
|
1. Menjelaskan
definisi masyarakat multikultural
2. Mencontohkan masyarakat
Indonesia yang Multikultural
3. Mengemukakan latar
belakang kemajumukan Bangsa Indoonesia
|
1.1 Siswa dapat
menjelaskan definisi masyarakat multikultural
2.1 Siswa dapat
memberikan contoh masyarakat Indonesia yang multikultural
3.1 Siswa dapat
mengemukakan latar belakang kemajemukan Bangsa Indonesia
|
Materi Ajar
Konsep
|
Fakta
|
Prinsip
|
Prosedur
|
Masyarakat
|
Orang-orang yang tinggal di
Kecamatan Air Tawar Timur
|
|
|
Multikultural
|
|
Keanekaragaman dalam
kesederajatan
|
|
Majemuk
|
Masyarakat Indonesia
|
|
|
Metode Pembelajaran
a.
Model Pembelajaran : Inqury
b.
Metode
Pembelajaran : Ceramah dan Tanya Jawab
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
ü
Guru
mengucapkan salam
ü
Melihat
kondisi kelas
ü
Memeriksa
kesiapan siswa
ü
Memilih salah
seorang siswa untuk memimpin do’a
ü
Memeriksa kehadiran
siswa
ü
Apersepsi
(Mobilitas Sosial)
ü
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
ü
Menyampaikan
cakupan materi
ü
Memberi
motivasi
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
ü
Guru menjelaskan
materi pokok pelajaran tentang masyarakat multikultural
ü
Guru
memfasilitasi siswa dengan media power point
ü
Guru melakukan
tanya jawab dengan siswa
Elaborasi
ü
Guru memberi
pertanyaan berupa teka-teki silang kepada siswa untuk di kerjakan secara
individu
Konfirmasi
ü
Guru meminta
salah satu dari siswa untuk maju kedepan dan menjelaskan jawaban dari
teka-teki silangnya
ü
Guru
memberikan umpan balik positif dalam bentuk lisan ataupun isyarat.
|
|
3.
|
Penutup
ü
Guru memilih
beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari masyarakat multikultural
ü
Setelah itu
guru menyempurnakan penyimpulan materi
ü
Guru
menyampaikan sedikit materi untuk pertemuan selanjutnya
ü
Guru memberi
tugas kepada siswa untuk pertemuan selanjutnya
ü
Membaca do’a
ü
Guru
mengakhiri pertemuan dengan salam
|
|
Penilaian
Hasil Belajar Individu
Tugas
berupa teka-teki silang
|
1S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1M
|
U
|
L
|
T
|
I
|
K
|
U
|
L
|
T
|
U
|
R
|
A
|
L
|
|
K
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3H
|
|
U
|
|
|
|
|
|
|
|
2R
|
|
|
I
|
|
B
|
|
|
2G
|
E
|
O
|
G
|
R
|
A
|
F
|
I
|
S
|
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
S
|
|
|
T
|
|
N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
O
|
|
G
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R
|
|
S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I
|
|
A
|
|
3V
|
E
|
R
|
T
|
I
|
K
|
A
|
L
|
|
S
|
PERTANYAAN
Mendatar
|
Menurun
|
1.
Masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih kelompok yang secara kultural dan
ekonomi berbeda-beda disebut.
|
1.
Salah satu keanekaragaman di Indonesia dapat dilihat dari perebedaan.
|
2.
Salah satu faktor penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia adalah Lingkungan
Fisik yang disebut juga dengan
|
2.
Perbedaan fisik;
|
3.
Perbedaan pekerjaan pada masyarakat Indonesia menjadi salah satu penyebab
keanekaragaman Bangsa Indonesia yang dilihat secara
|
3.
Salah satu latar belakang penyebab kemajemukan Bangsa Indonesia adalah latar
belakang sejarah yang disebut juga dengan
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
Skor
|
ü Mendatar
1.
Masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih kelompok yang secara kultural dan
ekonomi berbeda-beda disebut..
|
Multikultural
|
20
|
2.
Salah satu faktor penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia adalah Lingkungan
Fisik yang disebut juga dengan
|
Geografis
|
20
|
3.
Perbedaan pekerjaan pada masyarakat Indonesia menjadi salah satu penyebab
keanekaragaman Bangsa Indonesia yang dilihat secara
|
Vertikal
|
10
|
ü Menurun
1.
Salah satu keanekaragaman Bangsa Indonesia dapat dilihat dari perebedaan..
|
Suku
Bangsa
|
20
|
2.
Perbedaan fisik;
|
Ras
|
10
|
3.
Salah satu latar belakang penyebab kemajemukan Bangsa Indonesia adalah latar
belakang sejarah yang disebut juga dengan
|
Historis
|
20
|
Jumlah
|
|
100
|
Rumus: 

Sumber Belajar
Elly M. Setiadi. 2013. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Idianto Muin. 2006. Sosiologi. Jakarta: Erlangga
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs.
Sunarto
Retno Yusdiani
NIP. NIM. 1206082/2012
Re, ijin sedot ya? perlu buat RPP hari senin..makasih :D
BalasHapushehe, iyaa samasama^^
Hapus