Minggu, 14 Februari 2016

RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) KTSP "Masyarakat Multikultural"



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      : MA. Raudlatul ‘Ulum
Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas                           : XI
Progam Keahlian         : IPS
Alokasi Waktu            : 1x45 Menit
Materi                          : Masyarakat Multikultural

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.      Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural


1.1 Mendeskripsikan berbagai kelompok sosial dalam masyarakat multikultural

Indikator
Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan definisi masyarakat multikultural
2. Mencontohkan masyarakat Indonesia yang Multikultural
3. Mengemukakan latar belakang kemajumukan Bangsa Indoonesia
1.1 Siswa dapat menjelaskan definisi masyarakat multikultural
2.1 Siswa dapat memberikan contoh masyarakat Indonesia yang multikultural
3.1 Siswa dapat mengemukakan latar belakang kemajemukan Bangsa Indonesia

Materi Ajar
Konsep
Fakta
Prinsip
Prosedur
Masyarakat

Orang-orang yang tinggal di Kecamatan Air Tawar Timur


Multikultural


Keanekaragaman dalam kesederajatan

Majemuk

Masyarakat Indonesia



Metode Pembelajaran
a.      Model Pembelajaran   : Inqury
b.      Metode Pembelajaran : Ceramah dan Tanya Jawab
No
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Pendahuluan
ü  Guru mengucapkan salam
ü  Melihat kondisi kelas
ü  Memeriksa kesiapan siswa
ü  Memilih salah seorang siswa untuk memimpin do’a
ü  Memeriksa kehadiran siswa
ü  Apersepsi (Mobilitas Sosial)
ü  Menjelaskan tujuan pembelajaran
ü  Menyampaikan cakupan materi
ü  Memberi motivasi


2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
ü   Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang masyarakat multikultural
ü  Guru memfasilitasi siswa dengan media power point
ü  Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
Elaborasi
ü Guru memberi pertanyaan berupa teka-teki silang kepada siswa untuk di kerjakan secara individu
Konfirmasi
ü Guru meminta salah satu dari siswa untuk maju kedepan dan menjelaskan jawaban dari teka-teki silangnya
ü Guru memberikan umpan balik positif dalam bentuk lisan ataupun isyarat.


3.
Penutup
ü  Guru memilih beberapa siswa untuk memberikan kesimpulan dari masyarakat multikultural
ü  Setelah itu guru menyempurnakan penyimpulan materi
ü  Guru menyampaikan sedikit materi untuk pertemuan selanjutnya
ü  Guru memberi tugas kepada siswa untuk pertemuan selanjutnya
ü  Membaca do’a
ü  Guru mengakhiri pertemuan dengan salam


Penilaian Hasil Belajar Individu
Tugas berupa teka-teki silang

1S











1M
U
L
T
I
K
U
L
T
U
R
A
L

K










3H

U







2R


I

B


2G
E
O
G
R
A
F
I
S

A







S


T

N










O

G










R

S










I

A

3V
E
R
T
I
K
A
L

S

PERTANYAAN
Mendatar
Menurun
1. Masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih kelompok yang secara kultural dan ekonomi berbeda-beda disebut.
1. Salah satu keanekaragaman di Indonesia dapat dilihat dari perebedaan.
2. Salah satu faktor penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia adalah Lingkungan Fisik yang disebut juga dengan
2. Perbedaan fisik;
3. Perbedaan pekerjaan pada masyarakat Indonesia menjadi salah satu penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia yang dilihat secara
3. Salah satu latar belakang penyebab kemajemukan Bangsa Indonesia adalah latar belakang sejarah yang disebut juga dengan

Pertanyaan
Jawaban
Skor
ü  Mendatar
1. Masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih kelompok yang secara kultural dan ekonomi berbeda-beda disebut..
Multikultural
20
2. Salah satu faktor penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia adalah Lingkungan Fisik yang disebut juga dengan
Geografis
20
3. Perbedaan pekerjaan pada masyarakat Indonesia menjadi salah satu penyebab keanekaragaman Bangsa Indonesia yang dilihat secara
Vertikal
10
ü  Menurun
1. Salah satu keanekaragaman Bangsa Indonesia dapat dilihat dari perebedaan..

Suku Bangsa

20
2. Perbedaan fisik;
Ras
10
3. Salah satu latar belakang penyebab kemajemukan Bangsa Indonesia adalah latar belakang sejarah yang disebut juga dengan
Historis
20
Jumlah

100

Rumus:

Sumber Belajar
Elly M. Setiadi. 2013. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Idianto Muin. 2006. Sosiologi. Jakarta: Erlangga


Mengetahui,                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                             Guru Mata Pelajaran



Drs. Sunarto                                                                                              Retno Yusdiani
NIP.                                                                                                     NIM. 1206082/2012

2 komentar: