MACAM-MACAM
METODE PEMBELAJARAN
Ada beberapa macam metode pembelajaran yang bisa
digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :
1. Metode Ceramah
a.
Pengertian
Metode ceramah dapat diartikan sebagai
cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan
langsung kepada sekelompok siswa.
Metode ceramah merupakan metode yang
sampai saat ini masih sering digunakan oleh setiap guru atau instruktur. Hal
ini disebabkan oleh pertimbangan tertentu, juga adanya kebiasaan baik dari guru
ataupun siswa. Metode ceramah merupakan cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan strategi pembelajaran ekspositori.
b.
Langkah-Langkah
penggunaan Metode Ceramah
Tahap Persiapan
a.
Merumuskan tujuan yang akan dicapai
b.
Menentukan pokok-pokok materi yang akan diceramahkan
c. mempersiapkan
alat bantu ( misalnya dengan mempersiapkan transparansi atau media grafis
lainnya untuk meningkatkan kualitas ceramah.
Tahap Pelaksanaan
Ada
tiga langkah dalam tahap pelaksanaan, yaitu :
ü Langkah Pembukaan
a.
Yakinkan bahwa siswa memahami tujuan yang akan dicapai
b.
Lakukan langkah apersepsi, yaitu langkah yang menghubungkan materi pelajaran
yang lalu dengan materi yang akan dipelajari sekarang.
ü Langkah Penyajian
a.
Menjaga kontak mata dengan siswa secara terus menerus
b.
Gunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dicerna oleh siswa
c.
Sajikan materi pelajaran secara sistematis, tidak meloncat-loncat agar mudah
ditangkap oleh siswa
d.
Tanggapilah respon siswa dengan segera
e.
Jagalan agar kelas tetap kondusif dan menggairahkan untuk belajar.
ü Langkah-Langkah Mengakhiri atau menutup ceramah
a.
Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan atau merangkum materi pelajaran yang
baru saja disampaikan
b.
Merangsang siswa untuk dapat menanggapi atau memberi semacam ulasan tentang
materi pelajaran yang telah disampaikan
c.
Melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa menguasai materi pelajaran
yang baru saja disampaikan.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Metode Ceramah
Kelebihan
o Merupakan metode yang murah (tidak memerlukan
peralatan-peralatan yang lengkap) dan mudah
o Dapat menyajikan materi pelajaran yang luas
o Dapat memberikan pokok-pokok metteri yang perlu
ditonjolkan
o Guru dapat mengontrol keadaan kelas
o Organisasi kelas dengan menggunakan metode ceramah
dapat diatur menjadi lebih sederhana.
Kelemahan
o Materi yang akan dikuasai siswa sebagai hasil dari
ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru
o Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat
mengakibatkan terjadinya verbalisme
o Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur baik, ceramah
sering dianggap sebagai metode yang membosankan
o Melalui ceramah akan sangat sulit untuk mengetahui
apakah seluruh siswa sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Ceramah
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode ceramah adalah Sosiologi sebagai ilmu tentang masyarakat.
2. Metode Tanya Jawab
a.
Pengertian
Tanya jawab merupakan cara lisan menyajikan bahan
untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
·
Pertanyaan-pertanyaan
disusun berdasarkan tujuan yang jelas dan pasti
·
Pertanyaan
terarah pada pencapaian tertentu
·
Penyusunan
kata-kata dan kalimat pertanyaan harus tepat dan terarah
·
Menggunakan
bahasa yang komunikatif.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Metode Tanya Jawab
Kelebihan
o Guru dapat mengetahui penguasaan belajar terhadap
bahan yang telah disajikan
o Dapat digunakan untuk menyelidki
pembicaraan-pembicaraan untuk menyemangatkan pelajar.
Kelemahan
o Guru hanya memberikan giliran pada pelajar tertentu
saja
o Hanya dikuasai oleh siswa yang pandai
o Tidak menjangkau keaktivan seluruh siswa
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Tanya Jawab
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode tanya jawab adalah Mobilitas Sosial.
3. Metode Diskusi
a.
Pengertian
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang
menghadapkan siswa pada suatu permasalahan.
Tujuan utamanya adalah untuk memecahkan suatu
permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa
serta untuk membuat suatu keputusan.
b.
Langkah-Langkah
Melaksanakan Diskusi
Langkah Persiapan
o Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan
yang bersifat umummaupun khusus
o Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan
sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
o Menetapkan masalah yang akan dibahas
o Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan
teknis pelaksanan diskusi.
Pelaksanaan Diskusi
o Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat
mempengaruhi kelancaran diskusi
o Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi
o Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang
telah ditetapkan
o Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap
peserta diskusi untuk mengeluarkan gagasan-gagasan dan ide-idenya
o Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan
yang sedang dibahas.
Menutup Diskusi
o Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan
sesuai dengan hasil diskusi
o Me-review
jalannya diskusi dengan memimta pendapat dari seluruh peserta sebagai umpan
balik untuk perbaikan selanjutnya.
c.
Kelebihan dan
Kelemahan Metode Diskusi
Kelebihan
·
Metode diskusi
dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan
gagasan-gagasan dan ide-ide
·
Dapat melatih
untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi sikap permasalahan
·
Dapat melatih
siswa untuk dapat mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal
·
Diskusi bisa
melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain.
Kelemahan
·
Sering terjadi
dalam pembicaraan diskusi dikuasai oleh dua orang atau tiga orang siswa yang
memiliki keterampilan berbicara
·
Kadang-kadang
pembahasan diskusi meluas sehingga kesimpulan menjadi kabur
·
Memerlukan waktu
yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan
·
Sering terjadi
perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol akibatnya
kadang-kadang ada pihak yang tersinggung sehingga dapat mengganggu iklim
pembelajaran.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Diskusi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Diskusi adalah Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial.
4. Metode Demonstrasi
a.
Pengertian
Merupakan metode penyajian dengan memperagakan dan
mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu
baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
Persiapan
o Rumuskan tujuan yang akan dicapai oleh siswa setelah
proses demonstrasi berakhir
o Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi
yang akan dilakukan
o Lakukan uji coba demonstrasi meliputi gejala
peralatan yang diperlukan.
Pelaksanaan
Pembukaan
o Aturlah tempat duduk yang memungkinkan bagi semua
siswa dapat memperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan
o Kemukakan tujuan pa yang harus dicapai oleh siswa
o Kemukakan tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa
Pelaksanaan
o Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang
merangsang siswa untuk berfikir
o Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari
suasana yang menegangkan
o Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya
demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa
o Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif
memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi
itu.
Mengakhiri Demonstrasi
o Setelah demonstrasi selesai dilakukan, proses
pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas tertentu yang ada
kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan
pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan apakah siswa memahami proses demonstrasi itu atau
tidak. Atau ada baiknya guru dan siswa melakukan evaluasi bersama tentang
jalannya proses demonstrasi.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Metode Demonstrasi
Kelebihan
o Terjadinya verbalisme akan dapat dihindari sebab
siswa dituntut langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan
o Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa
tidak hanya mendengar tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi
o Siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan
antara teori dan kenyataan
Kelebihan
o Memerlukan persiapan yang lebih matang
o Memerlukan peralatan, bahan-bahan dan tempat yang
memadai
o Memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang
khusus sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Demonstrasi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Demonstrasi adalah Sosialisasi.
5. Metode Karya Wisata
a.
Pengertian
Metode mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak
siswa ke suatu tempat atau objek tertentu diluar sekolah untuk mempelajari atau
menyelidiki sesuatu.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
Persiapan
o Guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan
jelas
o Guru perlu mempertimbangkan pemilihan teknik
o Guru perlu menghubungi pemimpin objek yang akan
dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya
o Guru perlu menyusun rencana yang matang
o Guru perlu membagi tugas-tugas
o Mempersiapkan sarana
o Pembagian siswa dalam kelompok serta
o Mengirim utusan
Pelaksaan
o Pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu
petugas-petugas lainnya
o Mematuhi peraturan tata tertib yang ditentukan bersama
o Mengawasi petugas-petugas pada setiapseksi
o Mengerjakan tugas-tugas kelompok sesuai dengan
tanggung jawabnya.
Akhir Karya Wisata
o Siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal dari
hasil karya wisata
o Siswa menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh
o Menindak lanjuti kegiatan karya wisata seperti
membuat grafik, gambar, model-model, diagram, serta alat-alat lain.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o Siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan
o Siswa dapat melihat kegiatan para petugas secara
individu/kelompok dan mengahayatinya secara langsung
o Siswa dapat bertanya-bertanya menemukan sumber
informasi yang pertama untuk memecahkan segala macam persoalan yang dihadapi
o Siswa memperoleh bermacam-macam pengetahuan dan
pengalaman yang terintegrasi.
Kelemahan
o Memerlukan biaya transport yang lebih mahal
o Menggunakan atau memerlukan waktu yang panjang
o Biaya yang tinggi kadang-adang tidak terjangkau oleh
siswa.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Karya Wisata
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Karya wisata adalah Aplikasi
Pengetahuan Sosiologi.
6. Metode Penugasan
a.
Pengertian
Cara dalam proses jalan belajar mengajar dengan
jalan memberi tugas kepada siswa.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
o Merencanakan pemberian tugas secara matang
o Tugas yang diberikan hendaknya sesuai dengan
kemampuan siswa
o Tugas yang diberokan harus sesuai dengan materi
pelajaran yang telah diberikan
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o Hasil pelajaran lebih tahan lama dan membekas dalam
ingatan siswa
o Siswaa belajar dan mengembangkan inisiatif dan sikap
mandiri
o Memberikan kebiasaan untuk disiplin dan giat belajar
o Dapat mempraktekan teori dalam kehidupan nyata
o Dapat memperdalam pengetahuan siswa dalam
spesialisasi tertentu
Kelemahan
o Siswa dapat melakukan penipuan dalam tugas yang
diberikan
o Bila tugas yang diberikan terlalu banyak maka siswaa
akan mengalami kejenuhan
o Sulit memberikan tugas yang dapat memenuhi sifat
perbedaan individu dan minatnya masing-masing
o Pemberian tugas cukup memakan waktu dan biaya.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Penugasan
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Penugasan adalah Kelompok Sosial.
7. Metode Simulasi
a.
Pengertian
Cara penyajian yang pengalaman belajar dengan
menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip atau
keterampilan tertentu.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
Persiapan
o Menetapkan masalah atau topik serta tujuan yang
hendak dicapai oleh simulasi
o Guru memberikan gambaran masalah dalam situasi yang
akan disimulasikan
o Guru menetapkan pemain yang akan terlibat dalam
simulasi, peranan yang harus dimainkan oleh pemeran, serta waktu yang
disediakan
o Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya.
Pelaksanaan
o Simulasi mulai dimainkan oleh kelompok pemeran
o Para siswa lainnya mengikuti dengan penuh perhatian
o Guru hendaknya memberi bantuan kepada pemeran yang
mendapat kesulitan
o Simulasi hendaknya dihentikan pada saat puncak
Penutup
o Melakukan diskusi baik tentang jalannya simulasi
maupun materi yang disimulasikan, guru harus mendorong agar siswa dapat
memberikan kritik dan tanggapan terhadap proses pelaksanaan simulasi
o Merumuskan kesimpulan.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o Daqpat dijadikan bekal bagi siswa dalam menghadapi
situasi yang sebenarnya kelak
o Dapat mengembangkan kreativitas siswa
o Dapat memupuk keberanian dan rasa percaya diri siwa
o Dapat meningkatkan gairah siswa dalam proses
pembelajaran
Kelemahan
o Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak
selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan dilapangan
o Pengelolaan yang kurang baik, sering simulasi
dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi
terabaikan.
o Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering
mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Simulasi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Simulasi adalah Konflik.
8. Metode Problem
Solving
a.
Pengertian
Metode yang merangsang berfikir dan menggunakan
wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
Persiapan
·
Guru menyiapkan
terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dibahas
·
Guru menyiapkan
alat-alat yang dibutuhkan sebagai bahan pembantu dalam memecahkan persoalan
·
Guru memberikan
gambaran secara umumtentang cara-cara pelaksanaannya
·
Permasalahan
yang disajikan hendaknya jelas dapat merangsang peserta didik untuk berfikir
·
Problem harus
bersifat praktis dan sesuai dengan kempuan peserta didik
Pelaksanaan
·
Guru menjelaskan
secara umum masalah yang akan dipecahkan
·
Guru meminta
kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tantang tugas yang akan dilaksanakan
·
Siswa dapat
bekerja secara individual atau kelompok
·
Mungkin siswa
dapat menemukan pemecahannya dan mungkin pula tidak
·
Kalau
pemecahannya tidak ditemukan oleh siswa, kemudian diskusikan kenapa tidak
ditemukan pemecahannya
·
Pemecahan
masalah dapat dilaksanakan dengan pikiran
·
Diusahakan
mengumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk analisa sehingga dijadikan fakta
·
Membuat
kesimpulan.
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
·
Masing-masing
siswa diberikan kesempatan yang sama dalam mengeluarkan pendapatnya
·
Siswa merasa
lebih dihargai oleh guru
·
Menumbuhkan rasa
percaya diri siswa
·
Siswa akan diajak
untuk lebih menghargai orang lain
·
Membantu siswa
dalam mengembangkan kemampuan lisannya
Kelemahan
·
Karena tidak
melihat kualitas pendapat yang disampaikan terkadang penguasaan materi sering
diabaikan
·
Sering kali
menyulitkan mereka yang sungkan mengutarakan pendapat secara lisan.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Problem
Solving
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode Problem Solving adalah Masyarakat Multikultural, Konflik, dan
Perilaku Menyimpang.
9. Metode Eksperimen
a.
Pengertian
Salah satu cara mengajar dimana seorang siswa diajak
untuk menguji coba atau mengadakan pengamatan, kemudian hasil pengamatan itu
disamapaikan didepan kelas dan dievaluasi oleh guru.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
o Memberi penjelasan secukupnya tentang apa yang harus
dilakukan dalam eksperimen
o Menentukan langkah-langkah pokok dalam membantu
siswa dalam melakukan kegiatan eksperimen
o Sebelum eksperimen dilaksanakan, terlebih dahulu
guru harus menetapkan
-
Alat-alat apa
yang diperlukan
-
Langkah-langkah
apa yang harus dilakukan
-
Hal-hal yang
harus dicatat
-
Variabel-variabel
mana yang harus dikontrol
o Setelah eksperimen selesai dilaksanakan, guru harus
menentukan apakah tindak lanjut yang harus dilakukan oleh siswa.
c.
Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan
o Siswa terlatih menggunakan metode ilmiah dalam
mengahadapi segala masalah
o Siswa lebih aktif berfikir dan membuktikan sendiri
kebenaran suatu teori
o Selain memperoleh ilmu pengetahuan, siswa juga
menemukan pengalaman praktis serta keterampilan menggunakan alat-alat
percobaan.
Kelemahan
o Seorang guru harus benar-benar menguasai materi yang
diamati
o Guru harus mampu memenage siswanya
o Memerlukan waktu dan biaya yang sedikit lebih dibandingkan
yang lain.
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Eksperimen
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode eksperimen adalah Interaksi
Sosial.
10. Metode Proyek
a.
Pengertian
Suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan cara
pelajar dihadapkan kepada hal tertentu untuk mempelajarinya dalam rangka
mewujudkan tujuan belajar.
b.
Langkah-Langkah
Pelaksanaan
o Penyelidikan dan observasi
o Penyajian bahan baru
o Asimilasi/pengumpulan keterangan atau data
o Mengorganisasikan data
o Mengungkapkan kembali
c.
Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o Pelajar menjadi aktif
o Terbentuk pribadi yang bulat dan harmonis
Kelemahan
o Menghabiskan banyak waktu
o Harus ada persiapan yang mantap
d.
Materi Pelajaran
Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Proyek
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan
metode proyek adalah Masyarakat
Multikultural.
DAFTAR PUSTAKA
Reza Ediya “Macam-Macam Metode Pembelajaran”,
artikel diakses pada 25 September 2014, dari http://www.slideshare.net/rezaediya/macammacam-metode-pembelajaran
Nataliuzone “Metode Pembelajaran Ceramah Tanya
Jawab”, artikel diakses pada 25 September 2014, dari http://nataliuzone.blogspot.com/2009/12/metode-pembelajaran-ceramah-tanya-jawab.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar