Minggu, 02 November 2014

Metode Pembelajaran



MACAM-MACAM METODE PEMBELAJARAN

Ada beberapa macam metode pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar, yaitu :
1. Metode Ceramah
a.       Pengertian
Metode ceramah dapat diartikan sebagai cara menyajikan pelajaran melalui penuturan secara lisan atau penjelasan langsung kepada sekelompok siswa.
Metode ceramah merupakan metode yang sampai saat ini masih sering digunakan oleh setiap guru atau instruktur. Hal ini disebabkan oleh pertimbangan tertentu, juga adanya kebiasaan baik dari guru ataupun siswa. Metode ceramah merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran ekspositori.
b.      Langkah-Langkah penggunaan Metode Ceramah
Tahap Persiapan
a. Merumuskan tujuan yang akan dicapai
b. Menentukan pokok-pokok materi yang akan diceramahkan
c. mempersiapkan alat bantu ( misalnya dengan mempersiapkan transparansi atau media grafis lainnya untuk meningkatkan kualitas ceramah.
Tahap Pelaksanaan
Ada tiga langkah dalam tahap pelaksanaan, yaitu :
ü  Langkah Pembukaan
a. Yakinkan bahwa siswa memahami tujuan yang akan dicapai
b. Lakukan langkah apersepsi, yaitu langkah yang menghubungkan materi pelajaran yang lalu dengan materi yang akan dipelajari sekarang.
ü  Langkah Penyajian
a. Menjaga kontak mata dengan siswa secara terus menerus
b. Gunakan bahasa yang komunikatif dan mudah dicerna oleh siswa
c. Sajikan materi pelajaran secara sistematis, tidak meloncat-loncat agar mudah ditangkap oleh siswa
d. Tanggapilah respon siswa dengan segera
e. Jagalan agar kelas tetap kondusif dan menggairahkan untuk belajar.
ü  Langkah-Langkah Mengakhiri atau menutup ceramah
a. Membimbing siswa untuk menarik kesimpulan atau merangkum materi pelajaran yang baru saja disampaikan
b. Merangsang siswa untuk dapat menanggapi atau memberi semacam ulasan tentang materi pelajaran yang telah disampaikan
c. Melakukan evaluasi untuk mengetahui kemampuan siswa menguasai materi pelajaran yang baru saja disampaikan.

c.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Ceramah
Kelebihan
o   Merupakan metode yang murah (tidak memerlukan peralatan-peralatan yang lengkap) dan mudah
o   Dapat menyajikan materi pelajaran yang luas
o   Dapat memberikan pokok-pokok metteri yang perlu ditonjolkan
o   Guru dapat mengontrol keadaan kelas
o   Organisasi kelas dengan menggunakan metode ceramah dapat diatur menjadi lebih sederhana.
Kelemahan
o   Materi yang akan dikuasai siswa sebagai hasil dari ceramah akan terbatas pada apa yang dikuasai guru
o   Ceramah yang tidak disertai dengan peragaan dapat mengakibatkan terjadinya verbalisme
o   Guru yang kurang memiliki kemampuan bertutur baik, ceramah sering dianggap sebagai metode yang membosankan
o   Melalui ceramah akan sangat sulit untuk mengetahui apakah seluruh siswa sudah mengerti apa yang dijelaskan atau belum.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Ceramah
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode ceramah adalah Sosiologi sebagai ilmu tentang masyarakat.
2. Metode Tanya Jawab
a.       Pengertian
Tanya jawab merupakan cara lisan menyajikan bahan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
·         Pertanyaan-pertanyaan disusun berdasarkan tujuan yang jelas dan pasti
·         Pertanyaan terarah pada pencapaian tertentu
·         Penyusunan kata-kata dan kalimat pertanyaan harus tepat dan terarah
·         Menggunakan bahasa yang komunikatif.

c.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Tanya Jawab
Kelebihan
o   Guru dapat mengetahui penguasaan belajar terhadap bahan yang telah disajikan
o   Dapat digunakan untuk menyelidki pembicaraan-pembicaraan untuk menyemangatkan pelajar.
Kelemahan
o   Guru hanya memberikan giliran pada pelajar tertentu saja
o   Hanya dikuasai oleh siswa yang pandai
o   Tidak menjangkau keaktivan seluruh siswa

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Tanya Jawab
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode tanya jawab adalah Mobilitas Sosial.

3. Metode Diskusi
a.       Pengertian
Metode diskusi merupakan metode pembelajaran yang menghadapkan siswa pada suatu permasalahan.
Tujuan utamanya adalah untuk memecahkan suatu permasalahan, menjawab pertanyaan, menambah dan memahami pengetahuan siswa serta untuk membuat suatu keputusan.

b.      Langkah-Langkah Melaksanakan Diskusi
Langkah Persiapan
o   Merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan yang bersifat umummaupun khusus
o   Menentukan jenis diskusi yang dapat dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
o   Menetapkan masalah yang akan dibahas
o   Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanan diskusi.
Pelaksanaan Diskusi
o   Memeriksa segala persiapan yang dianggap dapat mempengaruhi kelancaran diskusi
o   Memberikan pengarahan sebelum dilaksanakan diskusi
o   Melaksanakan diskusi sesuai dengan aturan main yang telah ditetapkan
o   Memberikan kesempatan yang sama kepada setiap peserta diskusi untuk mengeluarkan gagasan-gagasan dan ide-idenya
o   Mengendalikan pembicaraan kepada pokok persoalan yang sedang dibahas.
Menutup Diskusi
o   Membuat pokok-pokok pembahasan sebagai kesimpulan sesuai dengan hasil diskusi
o   Me-review jalannya diskusi dengan memimta pendapat dari seluruh peserta sebagai umpan balik untuk perbaikan selanjutnya.

c.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Diskusi
Kelebihan
·         Metode diskusi dapat merangsang siswa untuk lebih kreatif khususnya dalam memberikan gagasan-gagasan dan ide-ide
·         Dapat melatih untuk membiasakan diri bertukar pikiran dalam mengatasi sikap permasalahan
·         Dapat melatih siswa untuk dapat mengemukakan pendapat atau gagasan secara verbal
·         Diskusi bisa melatih siswa untuk menghargai pendapat orang lain.
Kelemahan
·         Sering terjadi dalam pembicaraan diskusi dikuasai oleh dua orang atau tiga orang siswa yang memiliki keterampilan berbicara
·         Kadang-kadang pembahasan diskusi meluas sehingga kesimpulan menjadi kabur
·         Memerlukan waktu yang cukup panjang, yang kadang-kadang tidak sesuai dengan yang direncanakan
·         Sering terjadi perbedaan pendapat yang bersifat emosional yang tidak terkontrol akibatnya kadang-kadang ada pihak yang tersinggung sehingga dapat mengganggu iklim pembelajaran.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Diskusi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode Diskusi adalah Perilaku Menyimpang dan Pengendalian Sosial.

4. Metode Demonstrasi
a.       Pengertian
Merupakan metode penyajian dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada siswa tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
Persiapan
o   Rumuskan tujuan yang akan dicapai oleh siswa setelah proses demonstrasi berakhir
o   Persiapkan garis besar langkah-langkah demonstrasi yang akan dilakukan
o   Lakukan uji coba demonstrasi meliputi gejala peralatan yang diperlukan.
Pelaksanaan
            Pembukaan
o   Aturlah tempat duduk yang memungkinkan bagi semua siswa dapat memperhatikan dengan jelas apa yang didemonstrasikan
o   Kemukakan tujuan pa yang harus dicapai oleh siswa
o   Kemukakan tugas apa yang harus dilakukan oleh siswa
Pelaksanaan
o   Mulailah demonstrasi dengan kegiatan-kegiatan yang merangsang siswa untuk berfikir
o   Ciptakan suasana yang menyejukkan dengan menghindari suasana yang menegangkan
o   Yakinkan bahwa semua siswa mengikuti jalannya demonstrasi dengan memperhatikan reaksi seluruh siswa
o   Berikan kesempatan kepada siswa untuk secara aktif memikirkan lebih lanjut sesuai dengan apa yang dilihat dari proses demonstrasi itu.
Mengakhiri Demonstrasi
o   Setelah demonstrasi selesai dilakukan, proses pembelajaran perlu diakhiri dengan memberikan tugas-tugas tertentu yang ada kaitannya dengan pelaksanaan demonstrasi dan proses pencapaian tujuan pembelajaran. Hal ini diperlukan untuk meyakinkan apakah  siswa memahami proses demonstrasi itu atau tidak. Atau ada baiknya guru dan siswa melakukan evaluasi bersama tentang jalannya proses demonstrasi.

c.       Kelebihan dan Kelemahan Metode Demonstrasi
Kelebihan
o   Terjadinya verbalisme akan dapat dihindari sebab siswa dituntut langsung memperhatikan bahan pelajaran yang dijelaskan
o   Proses pembelajaran akan lebih menarik, sebab siswa tidak hanya mendengar tetapi juga melihat peristiwa yang terjadi
o   Siswa akan memiliki kesempatan untuk membandingkan antara teori dan kenyataan
Kelebihan
o   Memerlukan persiapan yang lebih matang
o   Memerlukan peralatan, bahan-bahan dan tempat yang memadai
o   Memerlukan kemampuan dan keterampilan guru yang khusus sehingga guru dituntut untuk bekerja lebih profesional.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Demonstrasi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode Demonstrasi adalah Sosialisasi.

5. Metode Karya Wisata
a.       Pengertian
Metode mengajar yang dilaksanakan dengan mengajak siswa ke suatu tempat atau objek tertentu diluar sekolah untuk mempelajari atau menyelidiki sesuatu.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
Persiapan
o   Guru perlu menetapkan tujuan pembelajaran dengan jelas
o   Guru perlu mempertimbangkan pemilihan teknik
o   Guru perlu menghubungi pemimpin objek yang akan dikunjungi untuk merundingkan segala sesuatunya
o   Guru perlu menyusun rencana yang matang
o   Guru perlu membagi tugas-tugas
o   Mempersiapkan sarana
o   Pembagian siswa dalam kelompok serta
o   Mengirim utusan
Pelaksaan
o   Pemimpin rombongan mengatur segalanya dibantu petugas-petugas lainnya
o   Mematuhi peraturan tata tertib yang ditentukan bersama
o   Mengawasi petugas-petugas pada setiapseksi
o   Mengerjakan tugas-tugas kelompok sesuai dengan tanggung jawabnya.
Akhir Karya Wisata
o   Siswa mengadakan diskusi mengenai segala hal dari hasil karya wisata
o   Siswa menyusun laporan atau paper yang memuat kesimpulan yang diperoleh
o   Menindak lanjuti kegiatan karya wisata seperti membuat grafik, gambar, model-model, diagram, serta alat-alat lain.

c.       Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o   Siswa dapat berpartisipasi dalam berbagai kegiatan
o   Siswa dapat melihat kegiatan para petugas secara individu/kelompok dan mengahayatinya secara langsung
o   Siswa dapat bertanya-bertanya menemukan sumber informasi yang pertama untuk memecahkan segala macam persoalan yang dihadapi
o   Siswa memperoleh bermacam-macam pengetahuan dan pengalaman yang terintegrasi.
Kelemahan
o   Memerlukan biaya transport yang lebih mahal
o   Menggunakan atau memerlukan waktu yang panjang
o   Biaya yang tinggi kadang-adang tidak terjangkau oleh siswa.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Karya Wisata
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode  Karya wisata adalah Aplikasi Pengetahuan Sosiologi.

6. Metode Penugasan
a.       Pengertian
Cara dalam proses jalan belajar mengajar dengan jalan memberi tugas kepada siswa.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
o   Merencanakan pemberian tugas secara matang
o   Tugas yang diberikan hendaknya sesuai dengan kemampuan siswa
o   Tugas yang diberokan harus sesuai dengan materi pelajaran yang telah diberikan

c.       Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o   Hasil pelajaran lebih tahan lama dan membekas dalam ingatan siswa
o   Siswaa belajar dan mengembangkan inisiatif dan sikap mandiri
o   Memberikan kebiasaan untuk disiplin dan giat belajar
o   Dapat mempraktekan teori dalam kehidupan nyata
o   Dapat memperdalam pengetahuan siswa dalam spesialisasi tertentu
Kelemahan
o   Siswa dapat melakukan penipuan dalam tugas yang diberikan
o   Bila tugas yang diberikan terlalu banyak maka siswaa akan mengalami kejenuhan
o   Sulit memberikan tugas yang dapat memenuhi sifat perbedaan individu dan minatnya masing-masing
o   Pemberian tugas cukup memakan waktu dan biaya.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Penugasan
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode Penugasan adalah Kelompok Sosial.

7.  Metode Simulasi
a.       Pengertian
Cara penyajian yang pengalaman belajar dengan menggunakan situasi tiruan untuk memahami tentang konsep, prinsip atau keterampilan tertentu.


b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
Persiapan
o   Menetapkan masalah atau topik serta tujuan yang hendak dicapai oleh simulasi
o   Guru memberikan gambaran masalah dalam situasi yang akan disimulasikan
o   Guru menetapkan pemain yang akan terlibat dalam simulasi, peranan yang harus dimainkan oleh pemeran, serta waktu yang disediakan
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.
Pelaksanaan
o   Simulasi mulai dimainkan oleh kelompok pemeran
o   Para siswa lainnya mengikuti dengan penuh perhatian
o   Guru hendaknya memberi bantuan kepada pemeran yang mendapat kesulitan
o   Simulasi hendaknya dihentikan pada saat puncak
Penutup
o   Melakukan diskusi baik tentang jalannya simulasi maupun materi yang disimulasikan, guru harus mendorong agar siswa dapat memberikan kritik dan tanggapan terhadap proses pelaksanaan simulasi
o   Merumuskan kesimpulan.

c.       Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o   Daqpat dijadikan bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak
o   Dapat mengembangkan kreativitas siswa
o   Dapat memupuk keberanian dan rasa percaya diri siwa
o   Dapat meningkatkan gairah siswa dalam proses pembelajaran
Kelemahan
o   Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan dilapangan
o   Pengelolaan yang kurang baik, sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan.
o   Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Simulasi
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode Simulasi adalah Konflik.

8. Metode Problem Solving
a.       Pengertian
Metode yang merangsang berfikir dan menggunakan wawasan tanpa melihat kualitas pendapat yang disampaikan oleh siswa.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
Persiapan
·         Guru menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan dibahas
·         Guru menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai bahan pembantu dalam memecahkan persoalan
·         Guru memberikan gambaran secara umumtentang cara-cara pelaksanaannya
·         Permasalahan yang disajikan hendaknya jelas dapat merangsang peserta didik untuk berfikir
·         Problem harus bersifat praktis dan sesuai dengan kempuan peserta didik
Pelaksanaan
·         Guru menjelaskan secara umum masalah yang akan dipecahkan
·         Guru meminta kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan tantang tugas yang akan dilaksanakan
·         Siswa dapat bekerja secara individual atau kelompok
·         Mungkin siswa dapat menemukan pemecahannya dan mungkin pula tidak
·         Kalau pemecahannya tidak ditemukan oleh siswa, kemudian diskusikan kenapa tidak ditemukan pemecahannya
·         Pemecahan masalah dapat dilaksanakan dengan pikiran
·         Diusahakan mengumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk analisa sehingga dijadikan fakta
·         Membuat kesimpulan.

c.       Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
·         Masing-masing siswa diberikan kesempatan yang sama dalam mengeluarkan pendapatnya
·         Siswa merasa lebih dihargai oleh guru
·         Menumbuhkan rasa percaya diri siswa
·         Siswa akan diajak untuk lebih menghargai orang lain
·         Membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan lisannya
Kelemahan
·         Karena tidak melihat kualitas pendapat yang disampaikan terkadang penguasaan materi sering diabaikan
·         Sering kali menyulitkan mereka yang sungkan mengutarakan pendapat secara lisan.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Problem Solving
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode  Problem Solving adalah Masyarakat Multikultural, Konflik, dan Perilaku Menyimpang.

9. Metode Eksperimen
a.       Pengertian
Salah satu cara mengajar dimana seorang siswa diajak untuk menguji coba atau mengadakan pengamatan, kemudian hasil pengamatan itu disamapaikan didepan kelas dan dievaluasi oleh guru.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
o   Memberi penjelasan secukupnya tentang apa yang harus dilakukan dalam eksperimen
o   Menentukan langkah-langkah pokok dalam membantu siswa dalam melakukan kegiatan eksperimen
o   Sebelum eksperimen dilaksanakan, terlebih dahulu guru harus menetapkan
-          Alat-alat apa yang diperlukan
-          Langkah-langkah apa yang harus dilakukan
-          Hal-hal yang harus dicatat
-          Variabel-variabel mana yang harus dikontrol
o   Setelah eksperimen selesai dilaksanakan, guru harus menentukan apakah tindak lanjut yang harus dilakukan oleh siswa.

c.       Kelebihan dan kelemahan
Kelebihan
o   Siswa terlatih menggunakan metode ilmiah dalam mengahadapi segala masalah
o   Siswa lebih aktif berfikir dan membuktikan sendiri kebenaran suatu teori
o   Selain memperoleh ilmu pengetahuan, siswa juga menemukan pengalaman praktis serta keterampilan menggunakan alat-alat percobaan.
Kelemahan
o   Seorang guru harus benar-benar menguasai materi yang diamati
o   Guru harus mampu memenage siswanya
o   Memerlukan waktu dan biaya yang sedikit lebih dibandingkan yang lain.

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Eksperimen
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode  eksperimen adalah Interaksi Sosial.

10.  Metode Proyek
a.       Pengertian
Suatu cara menyajikan bahan pelajaran dengan cara pelajar dihadapkan kepada hal tertentu untuk mempelajarinya dalam rangka mewujudkan tujuan belajar.

b.      Langkah-Langkah Pelaksanaan
o   Penyelidikan dan observasi
o   Penyajian bahan baru
o   Asimilasi/pengumpulan keterangan atau data
o   Mengorganisasikan data
o   Mengungkapkan kembali

c.       Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
o   Pelajar menjadi aktif
o   Terbentuk pribadi yang bulat dan harmonis
Kelemahan
o   Menghabiskan banyak waktu
o   Harus ada persiapan yang mantap

d.      Materi Pelajaran Sosiologi SMA/MA yang Relevan dengan Metode Proyek
Materi pelajaran Sosiogi SMA/MA yang relevan dengan metode  proyek adalah Masyarakat Multikultural.


DAFTAR PUSTAKA

Reza Ediya “Macam-Macam Metode Pembelajaran”, artikel diakses pada 25 September 2014, dari http://www.slideshare.net/rezaediya/macammacam-metode-pembelajaran
Nataliuzone “Metode Pembelajaran Ceramah Tanya Jawab”, artikel diakses pada 25 September 2014, dari http://nataliuzone.blogspot.com/2009/12/metode-pembelajaran-ceramah-tanya-jawab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar